google.com, pub-8964122775970720, DIRECT, f08c47fec0942fa0 JUAL BETON PRECAST PER METER BERDASARKAN HARGA MARKETING ONLINE INDONESIA - BERKAH BAJA BETON





Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JUAL BETON PRECAST PER METER BERDASARKAN HARGA MARKETING ONLINE INDONESIA


Harga  beton precast per meter - Cara pembangunan konstruksi konvensional sudah mulai ditinggalkan.Semua proses pembuatan Beton material konstruksi, sudah beralih ke Beton Pracetak, seperti Pagar Panel Beton, U-DITCH Gorong-Gorong dan banyak lagi Beton Precast lainya sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga kerja. Semua proses pengerjaan menjadi sangat praktis karena perusahaan semakin cerdas dalam memproduksi bahan materialnya. Para kontraktor juga lebih menyukai menggunakan beton precast yang dibuat dari pabrik karena pekerjaannya mudah serta mutu kualitas yang dihasilkan terjamin.


HARGA BETON PRECAST


" Lantas, apa itu Beton Precast? Seberapa pentingkah untuk pembangunan? dan bagaimana cara mendapatkan materialnya dengan baik dan benar? "

Mari kita simak penjelasanya satu persatu...


1. PENGERTIAN BETON PRECAST

Beton precast (pracetak) adalah beton hasil produksi artau pabrikasi yang dibuat di pabrik khusus secara khusus menggunakan cetakan press beton (moulding) dengan ukuran yang telah ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi proyek konstruksi, sehingga dapat menghasilkan beton berkekuatan tinggi, workability, durable dan sustainable

Arti precast concrete sendiri merupakan serapan dari bahasa Inggris yang artinya beton pracetak. Penggunaan beton precast ini sudah barang tentu dapat menghemat biaya dalam memeproyeksikan sebuah pekerjaan konstruksi.

Beton jenis ini dicetak dengan dibubuhi rangkaian besi sebagai penulangannya agar konstruksi beton precetak menjadi tangguh dan kuat. Istilah lain untuk beton ini yaitu beton pracetak dan juga termasuk jenis beton bertulang (reinforced concrete)Beton pracetak merupakan material konstruksi yang memiliki performa tinggi dan memberikan manfaat yang cukup signifikan dalam hal kualitas, desain, konstruksi, kekuatan, keselamatan dan sustainable.

2. PROSES PRODUKSI BETON PRECAST / PRACETAK

produk beton precast ini diproduksi langsung pada pabrik. Proses pembuatannya yaitu dengan membentuk bagian-bagian yang berupa semen, agregat, baja, air, dan elemen lainnya sesuai dengan kebutuhan cetak beton.

Bahkan ada beberapa produk beton precast yang dapat di buat sesuai dengan pesanan konsumen. Karena terkadang, kondisi lokasi kontruksi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bukan cuma bentuk dari beton saja yang bisa di pesan secara custom, tapi kualitas atas mutu beton dapat disesuaikan campurannya.

Untuk sistem produksi beton precast, pemilihan material pembentuknya harus di perhatikan dengan baik. Jika kriteria campuran beton dilakukan sembarangan, otomatis mutu beton yang dihasilkan pun tidak baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan material beton, diantaranya:

  • Ketahanan beton terhadap korosi
  • Ketahanan beton terhadap kondisi mekanis
  • Hasil finishing permukaan beton yang sempurna

Beton precast yang diproduksi dengan baik, dapat meningkatkan kerataan permukaan dan presisinya dalam perakitan. Maka dari itu, beton yang diproduksi dalam pabrik harus dipastikan mendapat kontrol kualitas terjamin yang bersertifikat. Apalagi jika produk beton precast tersebut akan diaplikasikan pada proyek berskala nasional. Kualitas adalah hal utama yang harus diperhatikan pihak pabrik.


3. JENIS BETON PRECAST

Jenis Beton Precast – Sebagai salah satu material konstruksi yang penting, beton terus berkembang dan beragam mulai dari beton konvensional hingga beton precast.Beton precast banyak dipilih dan menjadi favorit karena kepraktisan dalam penerapan serta kualitas yang dimilikinya.Produk beton yang satu ini dianggap jauh lebih praktis karena sudah dibuat dengan cetakan tertentu di pabrik terpisah, sehingga pada proses konstruksi hanya tinggal memasangnya saja.

Kualitas beton precast sendiri mengikuti standar konstruksi yang ditunjukkan dengan huruf K dan angka yang mengikutinya, mulai dari K-100 sampai yang tertinggi K-500.Perbedaan kualitas ini terlihat dari berbagai elemen dalam beton precast, mulai dari bentuk fisik hingga kekuatan dan daya tahan.

Beton precast dibuat berdasarkan cetakan dan ukuran sesuai dengan kepentingan konstruksi yang terbagi ke dalam beberapa jenis.Berikut adalah beberapa jenis beton pracetak yang sering digunakan dalam proses konstruksi:


1. PAGAR PANEL BETON PRECAST

Pagar Panel Beton Precast adalah elemen beton yang dapat digunakan sebagai pagar pembatas Beton precast dengan jenis pagar panel beton ini dapat dipasang pada lokasi yang luas seperti pabrik dan kantor, maupun lokasi yang lebih kecil seperti rumah pribadi.Pemasangan pagar beton precast memiliki banyak keunggulan daripada pagar konvensional.

PAGAR PANELBETON PRECAST

Pagar beton precast adalah lembaran berbentuk persegi panjang yang dapat disusun bersama panel lainnya dan diperkuat dengan bantuan tiang kolom. Metode pemasangan pagar panel beton precast dilakukan secara vertikal sebagai media pembatas suatu lahan pekarangan. Harga pagar panel per meter terpasang lebih ekonomis daripada pembuatan pagar konvensional menggunakan bata ringan maupun bata merah.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa produk berbahan beton pracetak banyak digunakan karena ketahanannya. Kemampuannya menahan beban berat membuat kebanyakan produk beton jenis ini ditujukan untuk penggunaan di jalan atau dalam tanah. Di antaranya seperti produk buis beton, conblock, kanstin beton, saluran u-ditch, grass block dan box culvert precast.

Panel beton ini banyak difungsikan sebagai pagar karena susunannya bisa menghasilkan dinding beton yang kokoh dan tidak kalah dengan beton konvensional. Produk ini akhirnya banyak digunakan oleh industri untuk membatasi dan melindungi lahannya dari gangguan luar.

Pagar beton dibuat dari komposisi campuran beton seperti semen, pasir, abu batu, dan kerikil. Material ini diproduksi secara massal oleh pabrik pagar panel beton dengan menggunakan cetakan pagar panel beton yang terbuat dari plat besi. Pagar panel beton di golongkan sebagai produk beton pracetak basah karena pembuatannya menggunakan campuran beton basah.

1.1. Spesifikasi, Ukuran dan Harga Pagar Beton Panel 

Ini berisi tabel informasi daftar harga pemasangan pagar panel beton. Harga jual pagar beton yang terlampir dibawah ini merupakan harga paket borongan pasang pagar panel beton murah. Dimana harga pagar beton per meter tersebut sudah include material + biaya upah pasang pagar panel beton

Secara umum, pagar beton panel ini terdiri atas beberapa komponen utama yaitu :

- Daun panel beton

Bagian Daun panel beton sendiri memiliki ukuran yang bervariasi. Dimensi panjang 240 cm dengan ketebalan 5 cm adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Ketinggian tiap panel terdiri dari dua ukuran yaitu 40 cm dan 45 cm. Daun panel beton ini berfungsi sebagai badan dinding dari pagar panel.

Desain daun pagar panel beton biasanya berbentuk segi empat solid. Namun untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat, terdapat juga daun panel beton tembus pandang untuk tipe pagar beton minimalis. Model pagar beton ini adalah panel beton pagar berongga sehingga tidak menghalangi pandangan.

.- Tiang pagar beton

Sementara itu, sebagai komponen yang kedua, tiang kolom juga terbuat dari campuran beton. Fungsi tiang pagar beton ini adalah sebagai penjepit dan tumpuan daun panel agar tetap tegak berdiri.Ukuran tiang pagar beton kolom ini pun beragam sesuai dengan ketinggian pemasangan pagar beton precast.

-  Besi siku & kawat duri

Selain dua komponen utama diatas, terdapat komponen pendukung terkait fungsinya sebagai pagar. Bagian yang dimaksud adalah kawat duri dan besi siku. Dua material ini biasanya dipasang pada bagian teratas agar tidak ada yang melompati pagar panel beton.

Fungsi utama dari pemasangan kawat berduri yaitu sebagai pengaman pada dinding pagar panel beton precast. Besi siku dipasang pada puncak tiang kolom. Kemudian, kawat duri dikaitkan dari satu besi siku ke besi siku lainnya.

1.3. Kelebihan Pagar Beton Precast

Dibandingkan dengan pagar beton konvensional, pagar beton pracetak yang satu ini memiliki kelebihan pada banyak hal, di antaranya:

- Praktis

Seperti produk beton siap pakai lainnya, panel beton pagar lebih praktis digunakan. Pagar beton yang biasa mengharuskan Anda mengumpulkan material, membuat campuran, kerangka, dan membangunnya. Namun lain halnya jika Anda menggunakan pagar beton precast.

Yang perlu Anda lakukan hanya sekadar menyiapkan komponen pagar, membuat pondasi, dan menyusunnya. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh susunan pagar terbilang cukup singkat daripada pagar konvensional.

- Hemat

Sedikitnya proses persiapan pada pagar panel beton, membuatnya lebih hemat dalam pengeluaran. Anda bisa lebih berhemat lagi dengan memanfaatkan jasa pemasangan pagar panel ini.Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan pagar beton ini dihitung berdasarkan panjang pemasangan pagar panel beton per meter. Harga pemasangan pagar panel beton jauh lebih murah dibandingkan pembelian komponen secara satuan.

- Bisa dipindah dan digunakan ulang

Kelebihan lain dari pagar panel berbahan beton ini adalah kemungkinannya untuk digunakan ulang. Misalnya, Anda berencana untuk mengubah area yang akan dipagari. Pagar dari panel beton bisa dilepas dan disusun ulang di tempat yang baru. Hal ini sangat tidak mungkin pada pagar beton biasa karena Anda harus menghancurkannya dan membangun kembali yang baru.

1.4. Pedoman Dasar Dalam Pemasangan Panel Beton

Ketika mendirikan pagar precast, selalu perhatikan bahwa penyusunan daun panel harus rapi. Karena jika tidak rapi penyusunannya dapat menyebabkan komponen rawan patah dan pasangan pagar pun menjadi tidak kokoh.

Pagar juga selalu didirikan di atas pondasi pagar beton pada permukaan tanah yang datar dan rata. Meskipun hendak didirikan di atas tanah yang berkontur miring, pondasi tetap dibangun mendatar sehingga pagar panel tampak berundak. Untuk penjelasan lebih detailnya dapat Anda pelajari pada halaman : Cara Pemasangan Pagar Beton Pracetak Dengan Mudah.

1.5. HARGA PAGAR PANEL

Daun Panel

Daun PanelJenisProduk

Dimensi (mm)


Lebar


Panjang


Tebal


Daun panel L 40


40


240


50


Daun Panel L 40 Motiv

 


45

 


240

 


50

 


Daun Panel L 45


40


240


50


Daun Panel L 40 Tembus Pandang


40

 


240

 


50

 


Tiang Kolom

Tiang KolomJenis ProdukDimensi ( mm )
LebarALebar BPanjang

Tiang kolom T.220

175175220

Tiang kolom T.270

175175270

Tiang kolom T.300

175175300

Tiang Kolom T.320

175175320

Tiang Kolom T.370

175175370

Tiang Kolom T.420

175175420

Harga pagar Panel Beton terpasang  ( 240 x 40 x 5 cm )

Tinggi Pagar (cm)Jumlah Panel (Pcs)Panjang tiang (cm)Mutu BetonHarga  per M1
1604T. 220K-225

Rp. 419.000

2005T. 270K-225

Rp. 524.000

2406T. 320K-225

Rp. 628.500

2807T. 370K-225

Rp. 733.500

3208T. 420K-225

Rp. 838.000

 

Harga pagar panel beton terpasang( 240 x 45 x 5 cm )

Tinggi Pagar (cm)Jumlah Panel (Pcs)Panjang tiang (cm)Mutu BetonHarga per M1
1804T. 270K-225

Rp. 472.000

2255T. 320K-225

Rp. 589.000

2706T. 370K-225

Rp. 707.000

3157T. 420K-225

Rp. 825.000

 

Harga Pemasangan Kawat Berduri

Jumlah kawat berduriDimensi ( Besisiku )Harga per pcs.
Kawatduri 4 lajur40 – 40 x 3,8

Rp. 85.000

Kawatduri 5 lajur40 – 40 x 3,8

Rp. 101.000

Kawatduri 6 lajur40 – 40 x 3,8

Rp. 124.000


2. SALURAN BETON U-DITCH

Sesuai dengan namanya, U-Ditch merupakan jenis beton precast yang berbentuk huruf U dan telah dikenal baik sebagai elemen dalam konstruksi pengairan atau irigasi.Penggunaan u ditch saat ini sedang marak dilakukan sebagai saluran pembuangan pada area perumahan, perkampungan, hingga jalan-jalan raya pada kota-kota besar di Indonesia.Hal ini karena u ditch dapat berfungsi untuk mengalirkan air dengan baik, serta membantu air hujan agar dapat meresap ke dalam tanah.Bentuk beton precast jenis u-ditch ini membuatnya dapat digunakan pada saluran air terbuka dan tertutup.Hal ini dikarenakan produk saluran U-Ditch memiliki tutup untuk menutupi bagian yang terbuka yang disebut dengan cover u ditch.


BETON U-DITCH GORONG-GORONG

2.1. Metode Pemasangan Saluran U Ditch 

Pada pelaksanaan pemasangan saluran u ditch harus dilakukan oleh tenaga profesional yang ahli dalam bidang tersebut, karena pemasangan saluran u ditch yang tidak tepat dapat berpotensi terjadinya penyumbatan saluran air, maka tak heran sekalipun Anda mengaplikasikan saluran u ditch tetap saja terjadi banjir atau genangan air di atas permukaan tanah.

Maka dari itu kami akan membagikan informasi seputar cara pemasangan saluran u ditch yang benar sesuai standar nasional Indonesia.Ada 4 metode pelaksanaan yang harus dilakukan dalam pekerjaan konstruksi saluran air u ditch. Beberapa tahapan tersebut meliputi persiapan, penggalian, pemasangan, pengurukan, dan pemadatan yang akan kami jelaskan secara rinci berikut ini:

- Metode Persiapan Pemasangan U Ditch

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah survey lokasi yang hendak dipasang saluran air u ditch tersebut, dengan begini anda bisa mempersiapkan gambar perencanaan dan melakukan pengukuran awal. Ada 2 pengukuran yang harus anda lakukan, yaitu pengukuran longitudinal untuk mencari proses saluran dan batas pembebasan, sementara pengukuran cross section untuk mencari elevasi saluran air.

Survey lokasi bertujuan untuk mengetahui kondisi tanah sekitar dan apakah terdapat saluran lain dengan fungsi sejenis, sehingga nanti dapat diterapkan saluran air bersusun.

Anda harus mengetahui bagaimana kondisi lokasi yang hendak dipasang saluran air, selain mempersiapkan lahan kalian perhatikan juga tata letak material, peralatan, ruang istirahat para pekerja, karena dalam proses pemasangan hal tersebut dapat menghabiskan ruang jalan. Sebelum melakukan pemasangan, Anda harus melakukan pengaturan jalur lalu lintas agar tidak mengganggu pekerjaan pemasangan saluran. Area pekerjaan dapat dibatasi dengan cone dengan perhitungan panjang area mempertimbangkan transisi area stabilisasi pekerja.

- TahaPenggalian Area Saluran Air

Proses penggalian dapat anda lakukan setelah mengukur dan membuat gambar shop drawing perancangan. Dalam proses penggalian, Anda membutuhkan alat berat dengan sistem trimming slope bantuan ekskavator untuk membuat urukan galian tanah. Anda harus memastikan bahwa kemiringan lahan telah disesuaikan dengan elevasi cross section yang telah dibuat. Kesalahan dalam proses penggalian dapat menimbulkan genangan air pada saluran karenaia tidak bisa mengalir dengan baik, lama kelamaan sampah yang jatuh pada saluran tersebut akan menumpuk dan menyumbat saluran air.

Penggalian awal harus mempertimbangkan pengurukan sirtu di bawah saluran karena ia bertujuan sebagai penstabil tanah. Jika sedang melakukan proses penggalian, langkah selanjutnya adalah membuat lining agar tanah dibawa tidak longsor dan menutup kembali area galian sehingga elevasi sesuai perancanaan yang telah dibuat. Banyak orang yang telah melakukan galian langsung memasang saluran u ditch sehingga tanah bekas galian di pinggir jalan jatuh kembali ke dalam galian.

Ukuran galian yang dibuat harus menyesuaikan dengan ketebalan dari u ditch beton. Misalnya saja Anda akan menggunakan u ditch dengan ukuran 30 * 30 * 120 dengan ketebalannya 5 cm maka anda bisa membuat galian:

Kedalaman 30 + 5 = 35 cm

Lebar 5 + 30 + 5 = 40 cm

Selain itu Anda harus menambahkan ukuran lebar galian  sesuai dengan ujung alat berat untuk mempermudah proses pemasangan. Jika galian telah dibuat Anda bisa melakukan tahap berikutnya yaitu pemadatan.

- Proses Pemasangan U ditch

Proses pemasangan u ditch bisa dilakukan dengan cara manual, menggunakan ekskavator, atau menggunakan crane, hal ini dapat anda selesaikan berdasarkan berat dari u ditch tersebut. Pemasangan saluran u ditch perlu diperhatikan dengan benar. Pertemuan antar beton harus disambung dengan pengelasan plat, kemudian nat nya dilakukan sambungan dengan semen.

Jika saluran trase terlalu panjang Anda bisa membaginya menjadi beberapa titik pekerjaan sebagai acuan dasar elevasi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan elevasi sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

- Tahap Pengurukan & Pemadatan Area Kerja Saluran

Jika saluran u ditch telah terpasang, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan pengurukan kembali bagian samping kanan maupun kiri saluran agar ia tidak dapat bergeser. Anda harus memperhatikan kondisi dari saluran u ditch agar ia tidak bergeser ketika terdorong oleh gaya dari benda urukan dan pemadatan. Jika sudah, anda dapat memasang caping beam dari beton agar saluran tidak bisa bergerak ke kiri dan kanan. Jangan lupa untuk membersihkan area pmasangan saluran dari bekas tanah galian maupun material peralatan.

Di atas adalah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pemasangan saluran u ditch yang benar. Untuk menghindari naik turunnya elevasi saluran perlu dipertimbangkan area yang sering menghasilkan sampah, untuk saluran terbuka Anda bisa menggunakan cover U ditch agar ia menjadi saluran tertutup. Mengaplikasikan cover U ditch dapat resiko masuknya sampah ke dalam saluran.

2.2.RINCIAN HARGA U-DITCH BETON PRECAST

UKURAN U DITCH


 HARGA SATUAN


U-Ditch 30x30x80


IDR 203,400


U-Ditch 30x30x120


IDR 304,000


U-Ditch 30x40x120


IDR 327,450


U-Ditch 30x50x120


IDR 340,000


U-Ditch 40x40x120


IDR 450,000


U-Ditch 40x50x120


IDR 510,000


U-Ditch 40x60x120


IDR 542,000


U-Ditch 50x50x120


IDR 575,000


U-Ditch 50x60x120


IDR 625,000


U-Ditch 50x70x120


IDR 655,000


U-Ditch 60x60x120


IDR 735,000


U-Ditch 60x70x120


IDR 775,000


U-Ditch 60x80x120


IDR 895,000


U-Ditch 80x60x120


IDR 1,055,000


U-Ditch 80x80x120


IDR 1.095.000


U-Ditch 80x100x120


IDR 1.295.000


U-Ditch 100x100x120


IDR 1.812.500


U-Ditch 100x120x120


IDR 2.125.000


U-Ditch 120x100x120


IDR 2.450.000


U-Ditch 120x120x120


IDR 2.820.000


U-Ditch 120x140x120


IDR 3.195.000


U-Ditch 140x140x120


IDR 3.870.000


U-Ditch 150x100x120


IDR 5.075.000


U-Ditch 150x150x120


IDR 5.275.000


U-Ditch 150x170x120


IDR 5.850.000


U-Ditch 160x160x120


IDR 6.000.000


U-Ditch 160x180x120


IDR 6.300.000


U-Ditch 180x180x120


IDR 6.400.000


U-Ditch 180x200x120


IDR 6.550.000


U-Ditch 200x200x120


IDR 6.775.000



3. BOX CULVERT

Jenis beton precast yang satu ini juga berfungsi untuk digunakan dalam konstruksi pengairan, namun lebih kepada konstruksi saluran air bawah tanah.Karena itulah, box culvert dikenal juga dengan sebutan gorong-gorong yang bermanfaat untuk mengalirkan air limbah.Beton precast yang berbentuk persegi ini bersifat kedap air dan dapat menahan pergerseran tanah.Oleh karena itu, box culvert sering digunakan juga untuk konstruksi tunnel, jembatan, underpass, dan lain-lain.

BETON BOX CULVERT

3.1. Fungsi dan Manfaat Dari Box Culvert

Box culvert digemari karena lebih efisien dan cara penggunaan yang sederhana. Selain itu, culvert memiliki banyak manfaat dan fungsi yang sangat menguntungkan proses konstruksi. Berikut merupakan penjabaran singkat mengenai apa saja fungsi dan manfaat dari pemasangan culvert untuk konstruksi.

- Mempercepat proses konstruksi

Setiap proses konstruksi selalu diharapkan dapat selesai dalam waktu yang cepat supaya fasilitas dapat segera digunakan. Dulu, pembangunan suatu fasilitas membutuhkan waktu yang lama karena meliputi berbagai proses yang rumit. Dengan menggunakan box culvert, proses konstruksi dapat berjalan dengan mudah, cepat, dan efisien. Proses pembangunan tidak lagi menyiapkan beton sendiri karena sudah tersedia beton siap pakai. Pemasangannya pun tidak sulit. Proses konstruksi yang cepat tidak akan mengganggu kondisi lingkungan sekitar terutama jika proses konstruksi berada di dekat area jalan yang padat atau pemukiman warga.

- Memudahkan proses konstruksi

Manfaat yang sangat dirasakan dari menggunakan culvert adalah pemasangannya sangat mudah dibandingkan beton cor di tempat. Pada setiap sisi box culvert terdapat sambungan yang bernama socket dan spigot. Kedua sambungan ini berbentuk seperti pipa yang dapat dikaitkan satu sama lain. Konstruksi yang menggunakan culvert cukup melakukan persiapan berupa penggalian lahan. Selanjutnya, culvert cukup ditata secara berbaris dan rapi. Pemasangan dilakukan dengan hati-hati supaya ketinggian dan kemiringan dari culvert tidak berbeda-beda. Langkah terakhir adalah melakukan penyambungan antar culvert.

- Sebagai material konstruksi bawah tanah

Fungsi utama dari culvert adalah sebagai material konstruksi. Culvert sering digunakan untuk pondasi jembatan, terowongan, atau gorong-gorong yang pendek. Melihat dari tujuannya, culvert sering dijadikan sebagai konstruksi bawah tanah. Penggunaan culvert sebagai konstruksi bawah tanah dilakukan karena culvert diyakini memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan beban di atasnya.

- Sebagai drainase

Box culvert dapat digunakan untuk saluran drainase. Culvert memiliki sifat kedap air tanah sehingga sering digunakan sebagai material saluran drainase. Sifat kedap air tanah ini akan menjaga keawetan dari saluran drainase sehingga tidak perlu sering direnovasi. Selain itu, culvert memiliki sambungan di bagian ujungnya. Sambungan ini cukup kuat untuk menjaga agar culvert tetap menyatu pada setiap sisinya dan tidak akan terpengaruh oleh pergeseran tanah. Ukuran culvert yang digunakan untuk drainase menyesuaikan dengan ukuran saluran air dan debit air yang akan mengalir melalui culvert tersebut.

3.2. Pilihan Merk dari Box Culvert

Klien yang membutuhkan culvert tidak perlu bingung di mana akan menemukannya. Box culvert diproduksi oleh bermacam-macam produsen sehingga beredar banyak di Indonesia. Setiap produsen memiliki karakteristik tersendiri seperti ukuran dan bahan yang digunakan dalam mengembangkan produknya. Lokasi produsen tersebut juga berbeda. Apabila ingin menggunakan culvert dalam sebuah konstruksi, perlu dicari terlebih dulu mengenai produk yang disediakan dan lokasi dari produsen. Berikut merupakan penjelasan mengenai merk-merk culvert yang tersedia di Indonesia.

  • Duracon

Merk Duracon merupakan produksi dari PT. Duracindo Pratama. Perusahaan ini bergerak dalam bidang beton precast mulai dari produksi sampai pengembangannya. Lokasi PT. Duracindo Pratama adalah di Jakarta. Box culvert Duracon tersedia dalam 10 jenis ukuran dan dimensi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Diameter culvert yang tersedia mulai dari 0,4 m sampai 3 m dengan panjang 1,2 m. Ukuran yang berbeda akan memberikan bobot yang berbeda pula.

  • Dusaspun

Dusaspun merupakan merk lain dari culvert. Dusaspun merupakan produksi dari PT. Duta Sarana Perkasa. Sejak 1982, Dusaspun menjadi produsen berbagai produk konstruksi seperti pipa dan beton precast. Dusaspun merupakan perusahaan yang berlokasi di Jakarta. Klien bisa memilih ukuran culvert sesuai dengan fasilitas yang dibangun. Dusaspun menyediakan diameter antara 0,4×0,4 m sampai 5×5 m dengan panjang 1 m.

  • Calvary

Calvary Abadi menyediakan box culvert yang umum digunakan untuk drainase dan jembatan. Lokasi PT. Calvary adalah di Mojokerto. Merk Calvary memiliki 7 jenis tipe dengan dimensi dan berat yang berbeda. Diameter yang tersedia dari merk Calvary mulai dari 0,8 m sampai 2,4 m. Variasi berat culvert mulai dari 110 kg sampai 5830 kg. Ketujuh tipe culvert tersebut memiliki panjang yang sama, yaitu 1,2 m. Ukuran culvert terbesar dapat digunakan sebagai konstruksi jembatan. Klien bisa meminta ukuran selain tipe yang tersedia kepada PT. Calvary.

  • Inticon

Inticon memproduksi culvert menggunakan sistem cetak basah dengan vibrasi tinggi. Bahan yang digunakn merupakan semen tipe I dan agregat normal atau pasir Merapi. Mutu tulangan adalah U40 dan mutu beton adalah K350. Inticon menyediakan 7 jenis tipe culvert yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ukuran diameter paling kecil adalah 0,4 m dan paling besar adalah 2 m. Bobot culvert tersebut bervariasi mulai dari 457 kg sampai 5645 kg. Panjang culvert yang disediakan adalah 1,2 m. Apabila tertarik, Inticon berlokasi di Sleman.

Secara umum, berbagai merk di atas menyediakan culvert dengan dimensi diameter dan panjang yang tidak jauh berbeda. Perbedaan bahan-bahan yang digunakan adalah pada tipenya. Sebelum memilih merk culvert, pastikan untuk mengetahui kebutuhan konstruksi terutama dimensi diameter dan panjangnya. Apabila dari tipe yang tersedia tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan, klien bisa menanyakan ke produsen atau supplier apakah bisa memproduksi culvert dengan ukuran lain.

3.3. RINCIAN HARGA BOX CULVERT

TYPEDIMENSION (mm)Nominal
Weight
(Kg)
SHt1t2WL
BC 60060060010010080012001100
BC 800800800110110102012001420
BC 100010001000125125125012001990
BC 120012001200150150150012002870
BC 150015001500150150180012003450
BC 150015001500200200190012004570
BC 200020002000200200240012005830

Harga Box Culvert Beton Precast 2019

UKURAN BC


BERAT / KG


HARGA / PCS


Box Culvert40x40x100
466
IDR 875.000
Box Culvert 50x50x100
612
IDR 1.187.500
Box Culvert 60x60x100
803
IDR 1.437.500
Box Culvert80x80x100
1485
IDR 2.250.000
Box Culvert 100x100x100
1787
IDR 2.925.000
Box Culvert 120x120x100
2279
IDR 4.255.000
Box Culvert 150x150x100
3456
IDR 6.550.000
Box Culvert 180x180x100
4072
IDR 7.100.000
Box Culvert 200x200x100
4560
IDR 11.325.000
Box Culvert 300x300x120
11400
IDR 36.000.000
Box Culvert 400x400x120
17340
IDR 48.000.000
Box Culvert 600x600x120
35000
IDR 93.000.000

4. BUIS BETON ATAU GORONG-GORONG BETON

Buis beton atau yang sering disebut dengan gorong-gorong beton tentu merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat awam maupun mereka yang bekerja di bidang kontraktor. Ini merupakan salah satu bahan beton yang hadir dalam bentuk siap pakai seperti pipa berukuran besar untuk saluran air. Secara umum, material ini memang sering digunakan untuk saluran pembuangan air, gorong-gorong, dan drainase. Harga gorong-gorong dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, dan kualitasnya.

BUIS BETON ATAU GORONG-GORONG BETON

Pemakaian material ini mulai dari tingkat pembangunan rumah sampai sumur dan jalan. Semua itu tergantung dari kebutuhan buis beton itu sendiri. Sebenarnya buis beton termasuk material modern untuk mendukung proses pembuatan saluran air. Selain dikenal dengan nama buis beton, material ini juga sering disebut dengan pipe concrete atau hong karena memiliki bentuk seperti pipa tetapi terbuat dari beton. Namun untuk nama standar material ini bukan buis beton melainkan gorong-gorong beton seperti yang sering disebutkan oleh para pekerja kontraktor.

4.1. Fungsi Buis Beton

Selain memiliki nama yang beragam, material beton ini juga menawarkan beberapa fungsi yang berbeda. Pada intinya, fungsi utama material ini adalah untuk menahan arus air baik aliran air yang masuk atau aliran air yang keluar. Karena fungsi itulah, buis beton biasanya hadir dalam bentuk seperti pipa baik pipa setengah lingkaran atau pipa satu lingkaran penuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini a

- Buis Beton sebagai Surmur Resapan

Fungsi buis beton yang pertama adalah untuk pembuatan sumur resapan. Untuk fungsi yang satu ini, buis beton dapat digunakan untuk melapisi dinding tanah ketika membuat sumur resapan. Dulunya, pelapis dinding tanah sumur resapan hanya menggunakan batu kali yang disusun atau dengan cara dicor. Dengan adanya buis beton, proses pengerjaan pembuatan sumur resapan menjadi lebih mudah, cepat dan hemat. Apalagi harga sumur resapan buis beton juga lebih murah jika dibandingkan dengan melakukan pembuatan sumur resapan secara manual.

Dimensi buis beton yang digunakan untuk sumur resapan biasanya adalah yang berbentuk lingkaran atau bulat. Jenis buis beton ini juga dikenal dengan sebutan pipe concrete. Sumur yang menggunakan buis beton diketahui memiliki kelebihan berupa daya tahan yang lebih baik. Hal ini sebenarnya juga tergantung dari jenis buis beton yang digunakan.

- Fungsi Buis Beton Sebagai Gorong-Gorong

Buis beton juga digunakan untuk pembuatan gorong – gorong atau saluran air. Beton precast atau buis beton sebenarnya memang digunakan untuk gorong – gorong sebelum digunakan untuk berbagai konstruksi lainnya. Jenis buis beton yang digunakan untuk gorong – gorong mempunyai tipe yang sama seperti yang digunakan untuk sumur resapan. Tetapi untuk konstruksi gorong – gorong, buis beton yang digunakan biasanya berbentuk setengah lingkaran. Namun ada juga yang berbentuk kotak di mana harga saluran beton kotak tidak jauh berbeda dengan bentuk yang lingkaran.

Sementara itu untuk spesifikasi dan dimensi buis beton dapat disesuaikan dengan ukuran gorong-gorong yang dibuat. Namun pada dasarnya buis beton tersebut digunakan untuk melapisi dinding tanah agar lebih baik. Selain itu, material ini juga mendukung proses pengerjaan yang lebih cepat dan materialnya lebih kuat. Saat ini semua drainase atau gorong – gorong bisa dipastikan menggunakan material buis beton dibandingkan dicor atau menggunakan teknik yang lain. Apalagi harga gorong-gorong dengan buis beton juga lebih terjangkau dibandingkan dengan dicor.

- Fungsi Buis Beton Sebagai Pengairan

Fungsi buis beton yang terakhir adalah untuk pengairan. Fungsi tersebut hampir sama dengan buis beton untuk drainase maupun gorong-gorong. Jenis buis beton yang digunakan dapat berupa buis beton belah atau buis beton bulat. Harga buis beton untuk pengairan hampir sama dengan buis beton pada umumnya. Proses pengerjaan saluran pengairan dengan buis beton diketahui jauh lebih cepat dan murah. Selain itu, penggunaan buis beton untuk material pengairan juga diketahui lebih unggul daripada memakai batu kali.

Hal ini karena buis beton pada saluran pengairan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk melindungi aliran air dibandingkan menggunakan bahan yang lain. Buis beton juga termasuk salah satu bahan yang cukup kuat

4.2. Jenis-Jenis Buis Beton

Menurut penggunaan dan bentuknyanya, buis beton dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

- Jenis Buis Beton Berdasarkan Bentuk

Kebanyakan produsen buis beton saat ini menghadirkan precast dalam dua bentuk yaitu bentuk setengah lingkaran dan lingkaran penuh. Kedua bentuk tersebut menawarkan fungsi masing-masing seperti yang telah disebutkan di atas.

- Jenis Buis Beton Berdasarkan Bahan Pembuatannya 

Buis beton semuanya terbuat dari semen atau concrete yang dicetak. Perbedaan menurut bahan untuk material tersebut terletak pada pemakaian pasir untuk buis beton maupun tidak. Jenis buis beton yang hadir di pasaran saat ini adalah Jenis yang menggunakan pasir dan jenis tanpa pasir. Tipe buis beton yang tidak menggunakan pasir diketahui lebih kuat karena tidak dapat ditembus oleh air. Oleh sebab itu jenis buis beton ini biasa digunakan untuk gorong-gorong atau pengairan.

- Jenis Buis Beton Berdasarkan Pemakaian Rangka 

Buis beton di pasaran ada yang dibuat dengan rangka baja yang memberikan daya tahan lebih kuat. Selain itu, ada pula buis beton tanpa rangka yang daya tahannya lebih rapuh. Jenis buis beton dengan rangka biasanya juga digunakan untuk gorong-gorong.

4.3. HARGA BUIS BETON DAN DIMENSINYA

TYPEDIMENSION (mm)Nominal
Weight
(Kg)
SHt1t2WL
BC 60060060010010080012001100
BC 800800800110110102012001420
BC 100010001000125125125012001990
BC 120012001200150150150012002870
BC 150015001500150150180012003450
BC 150015001500200200190012004570
BC 200020002000200200240012005830


UKURAN BC


BERAT / KG


HARGA / PCS


Box Culvert40x40x100
466
IDR 875.000
Box Culvert 50x50x100
612
IDR 1.187.500
Box Culvert 60x60x100
803
IDR 1.437.500
Box Culvert80x80x100
1485
IDR 2.250.000
Box Culvert 100x100x100
1787
IDR 2.925.000
Box Culvert 120x120x100
2279
IDR 4.255.000
Box Culvert 150x150x100
3456
IDR 6.550.000
Box Culvert 180x180x100
4072
IDR 7.100.000
Box Culvert 200x200x100
4560
IDR 11.325.000
Box Culvert 300x300x120
11400
IDR 36.000.000
Box Culvert 400x400x120
17340
IDR 48.000.000
Box Culvert 600x600x120
35000
IDR 93.000.000


5. PAVING BLOCK

Paving Block atau Conblock merupakan beton yang berfungsi untuk melapisi tanah. Dengan memiliki berbagai variasi bentuk dan model semakin membuat produk yang satu ini selalu menjadi favorit. Beton precast ber jenis paving block ini juga memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik.Sehingga mampu menahan beban berbagai hal yang terdapat di atasnya baik itu kendaraan berbeban ringan hingga kendaraan berbeban berat.

HARGA Paving Block atau Conblock

Harga Paving Block – Paving Block adalah salah satu jenis beton ringan atau pracetak atau precast yang biasanya berbentuk segi empat atau segi lainnya. Alas beton ini paling sering dipasang pada pekarangan agar terlihat lebih rata dan lebih rapi. Selain itu, penggunaan paving block pada pekarangan bisa menambah nilai estetikanya. Harga paving block sangat bervariasi karena terdiri dari beragam warna, bentuk, serta corak. Anda bisa memilih jenis paving sesuai dengan selera. Namun sebelum memilih, ada baiknya Anda mengetahui jenis, klasifikasi mutu, pola pemasangan, serta kelebihannya sebagai bahan pertimbangan.

5.1. Jenis-jenis Paving Block

Ada beragam jenis paving block yang bisa Anda pilih untuk mempercantik pekarangan. Jenis paving block yang Anda pilih ini nanti akan berpengaruh pada harga paving block yang ditawarkan. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis paving block yang sering digunakan oleh masyarakat:

- Paving Block Uskup

Sesuai dengan penamaannya, paving block uskup memiliki bentuk seperti topi seorang uskup. Dengan ukuran 30 x 21 cm, model paving block ini sering dipakai atau dipasang di sisi jalan. Selain besar, paving block uskup juga dikenal kuat menahan beban.

- Paving Block Trihex

Paving Block Trihex disebut dengan paving block segitiga jika di Indonesia. Model dari paving ini cukup unik karena terlihat seperti sarang lebah. Ukurannya tidak terlalu besar yaitu sekitar 19 x 10 cm. Namun, ketebalannya cukup besar yaitu sekitar 10 cm.

- Paving Block Bata

Paving block bata merupakan jenis paving block yang paling populer karena banyak digunakan di berbagai macam pembangunan mulai dari pembangunan kecil hingga pembangunan besar. Banyak yang menyukai paving model ini karena lebih menghemat waktu pemasangan. Pasalnya, paving block sangat mudah dipasang dan polanya mudah diatur. Bentuknya yaitu persegi panjang dengan ukuran kurang lebih 10 x 21 cm. Untuk harga paving block bata yaitu mulai dari Rp  85.000 per meter persegi dengan ketebalan 6 cm.

- Paving Block Segi Enam (Hexagon)

Paving block segi enam atau paving block hexagon memiliki 6 sisi dengan ukuran 20 x 20 cm. Sedangkan untuk ketebalan yang dimiliki paving jenis ini yaitu sekitar 10 cm. Tak kalah dengan paving block bata, paving ini juga banyak digunakan karena mudah dipasang, tahan lama, serta kokoh.

- Paving Block Cacing

Jika dilihat dari bentuknya, paving ini cukup unik dan menarik. Karena bentuknya tersebut maka nilai estetika akan lebih terlihat. Meskipun begitu, proses pemasangannya juga mudah sama seperti paving block bata dan paving block segi enam. Untuk ukurannya yaitu sekitar 11 x 22 cm dengan ketebalan mulai dari 6 cm, 8 cm, dan 10 cm.

- Paving Block Rumput

Jenis paving block terakhir yang ada di pasaran saat ini adalah paving block rumput. Permukaan dari paving ini berbeda dibandingkan jenis lainnya karena adanya lubang sebagai tempat tumbuh rumput. Ada dua jenis paving block rumput yaitu yang memiliki lubang 8 dengan ukuran 30 x 45 cm serta lubang 5 dengan ukuran 40 x 40 cm. Sedangkan harga paving block rumput yaitu mulai dari Rp  5.000 per pcs dengan 5 lubang

5.2. Klasifikasi Mutu Paving Block

Jika dikelompokkan berdasarkan mutunya, paving block terbagi menjadi 4 jenis. Berikut adalah jenis-jenis paving block berdasarkan mutunya.

- Mutu A

Jenis mutu paving block pertama adalah mutu A. Paving block dengan mutu ini lebih banyak digunakan untuk pembangunan jalan. Ini berarti jenis ini memiliki keunggulan lebih kokoh jika dibandingkan dengan mutu lain.

Mutu B

Jenis selanjutnya adalah mutu B. Mutu paving block jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan area parkir.

- Mutu C

Mutu C ini adalah paving block yang banyak digunakan untuk pembuatan area pejalan kaki.

- Mutu D

Mutu terakhir adalah mutu D. Mutu ini banyak digunakan untuk pembuatan area taman atau penggunaan lainnya.

5.3. Pola Pemasangan Umum Paving Block

Pola pemasangan umum paving block diatur dalam Standar Nasional Indonesia. Berdasarkan standar tersebut para kontraktor dan tukang mengikuti 4 pola umum dengan efek penguncian yang berbeda-beda. Berikut ini adalah pola pemasangan umum paving block yang sering digunakan:

- Pola Susun Bata

Jika menggunakan pola ini, Anda diharuskan untuk menyusun paving seperti menyusun bata pada pembuatan dinding rumah. Pola ini terbilang cukup sederhana dengan interlocking atau penguncian yang rendah.

- Pola Anyam Tikar

Pola selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah pola anyam tikar. Pola ini sedikit lebih rumit dibandingkan pola susun bata. Anda diharuskan untuk menyusun dua paving sejajar dengan sumbu X dan 2 paving selanjutnya sejajar dengan sumbu Y. Penyusunan paving block anyam tikar ini terlihat seperti pada anyaman tikar. Untuk interlocking atau pengunciannya sendiri termasuk sedang.

- Pola Tulang Ikan 90o

Sesuai dengan namanya, Anda harus menyusun paving seperti tulang ikan pada pemasangannya. Dimana satu paving mengarah pada sumbu X sedangkan satu paving lagi mengarah sumbu Y dengan sudut 90 derajat. Karena pemasangannya yang tidak sepraktis pola susun bata dan pola anyam tikar maka interlocking atau pengunciannya bisa jauh lebih baik.

- Pola Tulang Ikan 45o

Sedangkan pola terakhir yang bisa Anda coba adalah pola tulang ikan 45 derajat. Pola ini hampir sama dengan pola tulang ikan 90 derajat yaitu satu paving mengarah ke sumbu X dan satu paving lagi mengarah ke sumbu Y. Namun sudut yang dipakai untuk pemasangan yaitu 45 derajat saja. Hasil interlocking atau penguncian dari pola ini juga sama baiknya.

5.4. Keuntungan Menggunakan Paving Block

Setelah mengetahui klasifikasi dan berbagai pola penyusunan paving block, selanjutnya Anda juga harus mengetahui apa saja keuntungan paving block ini. Keunggulan atau keuntungan menggunakan paving block inilah yang membuat jenis material ini sangat difavoritkan untuk digunakan dalam pembuatan bangunan.

- Serbaguna

Paving block merupakan salah satu jenis material yang tergolong fleksibel. Maksudnya, material ini bisa digunakan dan disesuaikan dengan proyek pembangunan yang sedang dikerjakan. Selain itu, bentuk atau desain yang akan digunakan juga bisa direkayasa sesuai kebutuhan masing-masing.

- Lebih Ramah Lingkungan

Keunggulan selanjutnya yang menjadi pertimbangan penggunaan material ini adalah faktor ramah lingkungan. Jika dibandingkan dengan material pelapis jalan lainnya, paving block lebih tamah lingkungan karena ketika hujan, material ini masih bisa menyerap air. Ditambah material ini juga terkenal memiliki sistem drainase yang sangat baik. Salah satu jenis paving block bahkan dibuat dengan desain khusus yang memungkinkan rumput tumbuh di atasnya.

- Daya Tahan Tinggi dengan Penampilan Visual Menarik

Keunggulan terakhir dari material ini bisa dilihat dari perpaduan visual dan kekuatannya. Paving block memiliki tampilan visual menarik dengan pola pemasangan yang bervariasi. Meskipun begitu, paving block ini juga memiliki daya tahan yang tak kalah tinggi dibandingkan dengan material lain. Bahkan material ini terbukti mampu menahan bobot kendaraan besar, minyak, garam dan bahan kimia.


5.5. HARGA PAVINK BLOCK PER METER


JENIS PAVING BLOCKMUTUHARGA T 6CMTEBAL 8CM
Bata Abu-abuK 250 IDR 78.000 m2 IDR 88.000 m2
Bata Abu-abuK 300 IDR 84.000 m2 IDR 98.000 m2
Bata Abu-abuK 350 IDR 92.000 m2 IDR 105.000 m2
Hexagon Abu-abuK 250 IDR 80.000 m2 IDR 90.000 m2
Hexagon Abu-abuK 300 IDR 87.000 m2 IDR 98.000 m2
Hexagon Abu-abuK 350 IDR 94.000 m2 IDR 107.000 m2
Ubin 20/20 Abu-abuK 250 IDR 80.000 m2 IDR 90.000 m2
Ubin 20/20 Abu-abuK 300 IDR 87.000 m2 IDR 98.000 m2
Ubin 20/20 Abu-abuK 350 IDR 94.000 m2 IDR 107.000 m2
Ubin 21/21 Abu-abuK 250 IDR 80.000 m2 IDR 90.000 m2
Ubin 21/21 Abu-abuK 300 IDR 87.000 m2 IDR 98.000 m2
Ubin 21/21 Abu-abuK 350 IDR 94.000 m2 IDR 107.000 m2
Cacing Abu-abuK 250 IDR 78.000 m2 IDR 88.000 m2
Cacing Abu-abuK 300 IDR 84.000 m2 IDR 98.000 m2
Cacing Abu-abuK 350 IDR 92.000 m2 IDR 105.000 m2
Topi Uskup Abu-abuK 250 IDR 8.500 /pcs IDR 10.000 m2
Grass Block 8 LubangStandar IDR 20.000 /pcs IDR 27.000 m2
Grass Block 5 LubangStandar IDR 25.000 /pcs IDR 25.000 m2


6. KANSTIN dan ROAD BARRIER BETON


KANSTIN BETON

6.1. Pengertian Kanstin atau Kansteen Beton

Kanstin dan Road Barrier yaitu beton yang biasa digunakan untuk pembatas jalan atau bingkai jalan.Kedua produk beton precast ini biasanya didapati pada sisi pembatas jalan, pinggir taman, pinggir trotoar, dan lain sebagainya. Tujuan pemasangan kanstin dan Barrier pada bagian-bagian tersebut dimaksudkan untuk mengunci ruang atau lahan agar terhindar dari pergeseran ruang. Selain itu, fungsi kanstein adalah sebagai media pembatas antara area trotoar dengan badan jalan. Agar kendaraan yang berada di sekitarnya tidak melompati area trotoar yang memang dikhususkan bagi para pejalan kaki.

Sejak awal abad ke-18, kanstin beton sudah mulai digunakan di Italia untuk memperindah kota. Kemudian sebuah perusahaan di London memanfaatkannya untuk memisahkan jalanan dengan jalur khusus pedestrian. Sejak saat itu, penggunaan kansteen semakin meluas hingga seluruh dunia.

6.2. Jenis-jenis Kanstin Beton

Mengikuti perkembangan jaman, bentuk dan ukuran kanstin pun dari waktu ke waktu menjadi semakin beragam. Mari kita simak beberapa model kanstin beton  di bawah ini.

- Kanstin Taman

Jenis kanstin ini merupakan yang paling banyak dipasang di dalam area perumahan, khususnya perumahan baru. Pada umumnya, perumahan baru memiliki sebidang area yang digunakan untuk menanam tanaman. Selain itu, badan jalannya menggunakan material paving block taman. Hal ini membuat lingkungan perumahan menjadi tampak lebih asri dan rapi.

Kanstin taman digunakan untuk memisahkan badan jalan dengan taman. Fungsi utama dari kanstin paving taman adalah sebagai penahan tanah agar tidak tercecer ke badan jalan, sehingga taman terlihat lebih rapi dan indah.Sehubungan dengan jalanan dari paving, jenis kansteen ini juga berfungsi menjepit paving block agar tetap rapat di tempatnya dan tidak bergeser. Ukuran kanstin taman lebih tipis dan lebih rendah dibandingkan tinggi kanstin lainnya yaitu 40x20x10 cm.

- Kanstein Trotoar

Sebagaimana namanya, kanstein ini digunakan untuk memisahkan badan jalan dengan trotoar, di mana area pejalan kaki dibangun lebih tinggi daripada area kendaraan.Ukuran kanstin trotoar biasanya memiliki kenampakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kanstin jepit atau kansteen taman yakni 40×25 dan 40×28 cm.

- Kansteen S atau Kansteen Tali Air

Bentuk produk beton kanstin yang satu ini memiliki profil kanstin texture bergelombang seperti tali air. Spesifikasi dan dimensi kanstin s sangat berbeda dengan bentuk kanstin pada umumnya yang tegas dan rata. Biasanya kanstein ini digunakan untuk menahan dan mengarahkan air ke dalam saluran pembuangan.

- Kanstin Car Stopper

Anda pasti pernah memperhatikan tonjolan-tonjolan yang berjajar di tempat parkir mobil. Itu adalah car stopper beton atau sering disebut kanstin car stopper. Ciri-ciri spesifikasi kanstin ini adalah tingginya yang berada antara 10 sampai 15 cm, paling rendah dibandingkan jenis kanstein lainnya. Berat kanstin beton stopper ± 50 kg per biji nya.

Fungsi kanstin parkir ini adalah untuk menghentikan gerak mobil agar tidak melebihi area yang seharusnya. Keberadaan kanstein yang tidak terlalu tinggi membuatnya mampu menghentikan roda mobil tanpa harus menggores bumper.

- Kanstin Jalan

Serupa dengan kanstein trotoar, kanstin jalan atau biasa juga disebut kanstin DKI memiliki fungsi sebagai pembatas jalan maupun pemisah dengan trotoar. Yang membedakannya adalah ukuran kanstin jalan ini lebih besar daripada ukuran kanstin standar lainnya. Hal tersebut membuat produk kanstin ini disebut juga dengan istilah kansteen jumbo.

Selain itu, penamaan istilah kansteen DKI diambil dari salah satu nama Kota di Indonesia yaitu DKI Jakarta. Sebagai tambahan informasi, bahwasanya jenis kanstein DKI adalah kanstin yang digunakan di sepanjang ruas jalan protokol di Ibukota DKI. 

Ukuran kanstin beton yang besar dan 

kokoh dari tipe ini, membuatnya sangat cocok untuk digunakan pada jalan utama atau besar. Khususnya sebagai pembatas jalan raya yang dilewati oleh kendaraan-kendaraan bermuatan berat, tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai kanstin paving block.

6.3. Manfaat Pemasangan Kansteen Beton

Dalam sebuah proyek, pemanfaatan kanstein harus sesuai dengan jenis yang digunakan. Tidak hanya berakibat pada pemandangan, ketidaksesuaian penggunaan kanstein dapat berakibat fatal dan membahayakan pengguna jalan.

Misalnya, untuk jalanan yang dilewati angkutan bermuatan besar, kansteen yang digunakan sebaiknya yang berukuran besar pula. Jika menggunakan ukuran kanstin paving yang kecil, di kuatirkan kansteen tidak dapat menjalankan fungsinya. Sehingga dapat mengakibatkan kendaraan melompat keluar badan jalan dan akan membahayakan bagi pengguna jalan.

Menggantikan kanstein trotoar dengan kansteen beton type lainnya yang tidak terlalu tinggi, membuka peluang bagi pengendara untuk melakukan pelanggaran lalu lintas. Misalnya, saat jalanan sedang macet. Pengendara motor akan tertarik untuk naik ke trotoar yang cenderung lengang. Akibatnya, membahayakan pejalan kaki.

6.4. HARGA KANSTIN BETON


TIPE KANSTINUKURAN & MUTUHARGA /PCS
Kansteen Jumbo60x30X20x25 cmIDR 72.000
Car Stopper600x150x150/100IDR 48.000
Kansteen40x25x15x16 cmIDR 32.000
Kanstin Taman40x20x10x10 cm Mutu  K-350IDR 27.200
Kanstin B140x28x15x16 cm Mutu      K-350IDR 40.000
Kanstin S40×20 Mutu K-350IDR 38.400
Kanstin DKI Standar60x25x18x22 cm Mutu K-350IDR 59.200
Kanstin DKI60x28x15x16 Mutu K-350IDR 59.200

14. KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BETON PRECAST

1. Kecepatan dalam pelaksanaan pembangunannya.
2. Dicapai tingkat fleksibilitas dalam proses perancangannya
3. Pekerjaan di lokasi proyek lebih sederhana.
4. Pihak yang bertanggung jawab lebih sedikit
5. Mempunyai aspek yang positif terhadap schedule, terutama kemudahan di dalam melakukan pengawasan dan pengendalian biaya serta jadwal pekerjaan
6. Jumlah pekerja kantor proyek lebih sedikit. Demikian juga tenaga lapangan yang dibutuhkan untuk setiap unit komponen yang lebih kecil karena pekerjaan dapat dilaksanakan secara seri
7. Menggunakan tenaga buruh kasar sehingga upah relative lebih murah
8. Waktu konstruksi yang relative lebih singkat karena pekerja lapangan hanya mengerjakan cast in place kemudian menggabungkan dengan komponen – komponen beton pracetak
9. Aspek kualitas, dimana beton dengan mutu prima dapat lebih mudah dihasilkan di lingkungan pabrik
10.Produksinya hampir tidak terpengaruh oleh cuaca
11.Biaya yang dialokasikan untuk supervise relative lebih kecil. Hal ini disebabkan oleh durasi proyek yang singkat.
12.Kontinuitas proses konstruksi dapat terjaga sehingga perencanaan kegiatan lebih akurat.
13.Mampu mereduksi biaya konstruksi
14.Dapat dihasilkan bangunan dengan akurasi dimensi dan mutu yang lebih baik.

KESIMPULAN 

Demikianlah beberapa jenis dan harga beton precast yang ada di pasaran dan sering digunakan dalam proses konstruksi.Adanya berbagai pilihan dan jenis dari beton precast tersebut memang sangat membantu kegiatan konstruksi, apalagi untuk pembangunan massal.Karena itulah, beton precast kerap menjadi pilihan yang tepat untuk elemen konstruksi yang dibutuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.


Untuk Konsultasi dan Pemesanan :