google.com, pub-8964122775970720, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Surat Dukungan Tender Material dan Sewa Perjanjian Alat - BERKAH BAJA BETON





Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Surat Dukungan Tender Material dan Sewa Perjanjian Alat

Surat dukungan adalah bukti dukungan untuk distributor super / material atau alat di kontraktor dalam akuisisi materi nanti. Surat dukungan akan mencakup jaminan kualitas material sesuai dengan spesifikasi dan jaminan pengiriman material atau alat sesuai dengan jumlah yang diperlukan selama implementasi proyek.

Dengan menyusun dokumen penawaran untuk proyek konstruksi, kontraktor akan menyiapkan dokumen administratif dan dokumen teknis. Bagian dari dokumen teknis adalah spesifikasi teknis dan brosur. Tetapi selain itu, kadang-kadang diperlukan untuk surat dukungan pemasok / distributor bahan atau alat yang digunakan.

Dalam implementasi akuisisi, baik akuisisi barang, jasa dan konstruksi membutuhkan surat dukungan sebagai salah satu nilai agregat. Ini karena jumlah nilai nominal proyek, yang, tentu saja akan membutuhkan biaya implementasi yang tidak dapat dianggap sedikit juga.

Dengan surat dukungan / distributor pusat perusahaan, tanpa keraguan, secara tidak langsung merupakan jaminan bahwa perusahaan pusat / distributor akan memberikan jaminan dalam bentuk keaslian barang, layanan purna jual dan jaminan yang diberikan.

Paling tidak surat dukungan material memuat hal-hal sebagai berikut :

  • Nama dan alamat perusahaan pemberi dukungan.
  • Nama perusahaan dan alamat kontraktor yang didukung.
  • Jenis material dan mereknya.
  • Pernyataan dukungan dan jaminan spesifikasi serta ketersediaan material.
  • Dibuat di atas kop surat.
  • Ditandatangani pimpinan perusahaan supplier atau pihak yang berwenang.

Untuk anda yang baru pertama kali, silahkan pelajari beberapa contoh surat permohonan dukungan dari berbagai sektor industri yang kami tuliskan di bawah ini.

Surat dukungan yang akan anda peroleh dari kami kurang lebih strukturnya mirip dengan contoh-contoh di bawah ini, mari kita pelajari bersama.


Contoh Surat Dukungan Tender
Pada contoh ini misalkan ada dua pihak sebagaimana berikut ini:

Pihak pertama : PT. Sunshine
Pihak kedua : PT. Moonlight

Yang menjadi pihak pertama adalah pihak yang akan memberikan rekomendasi surat dukungan tender pada pihak kedua dalam melaksanakan suatu tender / proyek. Tentu saja pihak pertama memberikan dukungan yang sesuai dengan kapasitasnya.

Misalkan pada contoh ini PT. Sunshine adalah perusahaan pemilik alat berat yang akan berikan rekomendasi dukungan pada PT. Moonlight yang akan membangun suatu perpustakaan publik di suatu daerah.

Jelas bila pihak pertama adalah perusahaan pemilik alat berat, maka isi surat dukungan tender yang akan diberikan oleh pihak pertama pada pihak kedua adalah dukungan peralatan untuk melaksanakan tender tersebut.

Note: Pada contoh di bawah ini, poin-poin umum dalam surat dukungan kami tuliskan dengan font berwarna hitam, untuk penjelasan terkait poin tersebut kami gunakan font berwarna biru.

Maka bentuk surat rekomendasi dukungannya bisa disusun sebagai berikut:

Surat Dukungan Peralatan
Nomor: 4578/ABC/GFR-PERLT/X/2016

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : (Nama contact person yang mewakili pihak pertama)
Jabatan : (Jabatan contact person di atas)
Perusahaan : (Nama perusahaan dalam hal ini PT. SunShine)
Alamat : (Alamat perusahaan)

Selanjutnya di sebut sebagai PIHAK PERTAMA (pernyataan pihak pertama ini terkadang disebutkan kadang tidak)

Nama : (Nama contact person yang mewakili pihak kedua)
Jabatan : (Jabatan contact person pihak kedua)
Perusahaan : (Nama perusahaan-nya dalam hal ini PT. Moonlight)
Alamat : (Alamat perusahaan dari pihak kedua)

Selanjutnya di sebut sebagai PIHAK KEDUA (ini juga sama, kadang disebutkan kadang tidak)

Dengan ini PT. Sunshine memberikan dukungan berupa peralatan berat pada pihak kedua yang berupa:

1. Alat 1
2. Alat 2
3. Dst…

Seperti yang anda lihat, yang perlu muncul di surat ini adalah adanya pernyataan dukungan dari pihak pertama kepada pihak kedua. Lalu dukungannya itu jelas dalam hal apa, apa rupa dukungannya. Dalam contoh di atas, dukungannya berupa peralatan berat yang akan digunakan untuk membangun perpustakaan.

Dan yang selanjutnya perlu anda amati adalah pernyataan berikut ini:

Ketentuan:

1. Peralatan (maupun bentuk dukungan lainnya) hanya boleh digunakan oleh pihak kedua bila yang bersangkutan berhasil memenangkan tender, menjadi pelaksana pembangun perpustakaan publik BOOKSTATION (misal ini nama perpustakaannya).

2. Ketentuan pemakaian alat kami tersebut akan diatur ulang jadwal pemakaiannya lagi nanti, dengan jadwal yang disesuaikan.

Demikian surat dukungan peralatan ini kami tuliskan dengan sebaiknya. Surat ini kami rangkap dua lembar disertai materai Rp. 6000,00 pada masing-masing salinannya.

Surat ini memerlukan tanda tangan masing-masing pihak yang disebutkan di atas untuk bisa digunakan sesuai dengan yang dinyatakan di atas.

Tempat & Tanggal (Hari, Bulan, Tahun)

 

_____________________                ______________________
Pihak Pertama                                  Pihak Kedua

Untuk bagian akhir dari surat dukungan pengadaan barang (yang dalam contoh ini berupa peralatan konstruksi) tak selalu ditanda tangani oleh dua belah pihak.

Dalam hal tanda tangan ini yang paling penting tentu saja tanda tangan dari pihak pertama selaku pemberi dukungan, ini yang wajib ada untuk menunjukkan ke-valid-an surat dukungan tender yang diberikan.


Halaman ini disiapkan seiring dengan banyaknya email permohonan yg minta surat dukungan tender untuk proyek serta untuk pengadaan barang atau supplier yang masuk pada mailbox OkeSteel.

Tentu dengan senang hati kami menyambut surat permohonan dukungan tender yang anda ajukan. Ini kami jadikan sebagai kesempatan untuk menjalin kerjasama yang baik dengan anda.

Bisakah anda minta surat dukungan tender dari kami?

Tentu bisa..!

Kami tahu bahwa untuk memenangkan suatu kontrak tender, utamanya tender dengan nilai yang besar pastinya akan diburu oleh berbagai perusahaan. Untuk memperbesar peluang memenangkan tender tersebut, para anggota tender bisa mempergunakan surat dukungan sebagai rekomendasi penguat kelayakan untuk melaksanakan tender tersebut.

Kami akan membantu anda dengan cepat, sesuai dengan yang anda inginkan, sesuai dengan kapasitas kami.

Silahkan ajukan permohonan surat dukungan tender anda pada kami.