Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Jasa Screed Efoxy dan Floor Hardener Lantai Beton

Harga Jasa Screed Efoxy dan Floor Hardener Lantai Beton- sebuah konstruksi menentukan keindahan dan kekuatan sebuah bangunan. Namun pada kali ini kita akan membahas finishing dari permukaan lantai cor beton. Dalam pengerjaan konstruksi bangunan, istilah screed sudah begitu dikenal. Screed merupakan lapisan yang diletakkan di permukaan beton atau plester sebagai pedoman ketebalan yang ingin dibuat pada area tertentu. Umumnya screed digunakan untuk lapisan finishing pada lantai internal dengan ketebalan 50mm sampai 100mm. Screed menjadi bagian penting dalam proses konstruksi untuk mendapatkan tampilan dan kualitas yang sesuai dengan perencanaan. Nah, untuk mendapatkan tampilan konstruksi yang tepat, sebaiknya kenali jenis-jenis screed. Berikut ini beberapa jenis screed.

Jenis Screed Epoxy Lantai

Epoxy lantai adalah salah satu solusi lantai yang paling digunakan untuk area komersial dan fasilitas industri. Bahkan, epoxy lantai juga mulai dilirik sebagai pelapis lantai untuk perumahan dan residensial. Namun, seperti semua sistem lantai lainnya, epoxy lantai memiliki kelebihan dan kekurangan dalam aplikasinya.

Epoxy Lantai

Epoxy lantai adalah salah satu solusi lantai yang paling digunakan untuk area komersial dan fasilitas industri. Bahkan, epoxy lantai juga mulai dilirik sebagai pelapis lantai untuk perumahan dan residensial. Namun, seperti semua sistem lantai lainnya, epoxy lantai memiliki kelebihan dan kekurangan dalam aplikasinya.

Sebelum mengaplikasikannya, pastikan kamu sudah tahu dulu apa itu epoxy lantai. Epoxy adalah material yang berfungsi sebagai pelapis untuk lantai beton. Biasanya, komposisi epoxy terdiri dari cat epoxy atau resin dan pengeras. Kedua komponen ini kemudian dicampur menjadi sebuah cat lantai yang punya penampilan menyerupai plastik dan kaku, baik transparan ataupun berwarna. 

Dengan teknologi epoxy lantai, lantai bisa selalu terlihat berkilau dan licin. Tidak jarang, epoxy lantai digunakan pada bangunan umum, seperti restoran, bandara, hingga juga pabrik yang ingin menjaga tampilan bersih. Tidak hanya untuk lantai, epoxy juga bisa digunakan pada seluruh bagian bangunan dari beton, misalnya dinding atau rangka bangunan. 

1. Kelebihan Epoxy Lantai 

Berikut beberapa kelebihan epoxy lantai yang bisa kamu pertimbangkan untuk area bisnis atau rumah tempat tinggal:

- Penampilan indah: Dibandingkan dengan lantai biasa, aplikasi epoxy lantai bisa memberikan penampilan yang lebih terang dan profesional. Inilah yang membuat epoxy lantai menjadi favorit karena lantai juga jadi terlihat lebih licin dan rata. Alhasil, perawatannya juga mudah, tinggal disapu dan dipel biasa. 

- Harga terjangkau: Dibandingkan dengan jenis lantai lain, harga pemakaian epoxy lantai tergolong sangat terjangkau. Terutama karena epoxy lantai bisa diaplikasikan langsung sehingga tidak membutuhkan proses yang lebih berbelit-belit. Harga menjadi satu keunggulan lantai epoxy yang sulit dikalahkan. 

- Daya tahan tinggi: Punya resistensi tinggi terhadap zat cair, bahkan minyak, peluntur, dan cairan pembersih, epoxy lantai sering dipilih sebagai lantai bengkel dan industri otomotif. Selain tahan zat kimia, epoxy lantai juga tahan terhadap panas.

- Durabilitas baik: Selain semen konkrit, epoxy lantai memiliki waktu pemakaian yang lebih lama dibanding jenis lantai lainnya. Jika pengerjaan epoxy lantai rapi dan baik sejak awal, maka bukan tidak mungkin pemakaiannya awet hingga berpuluh-puluh tahun, bahkan tidak perlu touch up lagi. 

- Proteksi lantai: Tepat di bawah cat epoxy biasanya adalah lantai semen atau konkrit yang mudah retak, pecah, lembap, dan sebagainya. Dengan menggunakan epoxy lantai, semua masalah tersebut sudah teratasi tanpa harus membutuhkan perawatan jangka panjang. 

2. proses pengecatan lantai menggunakan cat epoxy

- Bersihkan Permukaan Lantai

Lantai beton cor tidak bisa serta merta langsung dicat menggunakan bahan epoxy. Anda perlu menyiapkan lantai ini terlebih dahulu sebelum akhirnya dilapisi epoxy. Bagaimana caranya? Mudah saja. Anda hanya perlu membersihkan lantai tersebut dari kotoran-kotoran yang ada di permukaannya. Gunakan sapu dan vacuum cleaner untuk menghilangkan partikel-partikel kotoran dari atas lantai tersebut. Hasilnya harus benar-benar bersih ya. Tidak boleh ada kotoran sedikit pun sebab akan berpengaruh terhadap hasil dari proses selanjutnya.

- Haluskan Tekstur Lantai

Anda mungkin sudah menggunakan waterpass saat membuat lantai beton. Akan tetapi, hasilnya belum tentu benar-benar rata. Padahal epoxy akan bekerja baik jika diterapkan di lantai yang memiliki bidang permukaan yang memang sangat rata dengan tekstur yang halus. Sehingga Anda pun perlu meratakan lantai tersebut sebelum mengecatnya memakai epoxy. Di sini Anda memerlukan alat bantu yaitu mesin grinding. Mesin ini berguna untuk membersihkan permukaan lantai, menghilangkan noda membandel, menghaluskan teksturnya, serta membuka pori-pori lantai. Sehingga cat epoxy pun dapat menempel dengan sempurna.

- Terapkan Cat Lapisan Dasar

Sama halnya seperti hendak mengecat dinding, saat mengecat lantai beton pun Anda perlu menerapkan cat dasar terlebih dahulu. Cat dasar yang digunakan di sini yaitu cat primer epoxy. Cat ini khusus untuk lantai yang akan diberi lapisan epoxy. Cat primer epoxy wajib diaplikasikan pertama kali sebagai lapisan dasar agar epoxy di atasnya dapat merekat kuat serta hasil warnanya pun optimal. Aplikasikanlah epoxy primer ini menggunakan roll supaya pekerjaannya lebih efektif dan efisien. Terapkan bahan ini ke seluruh permukaan lantai secara merata.

- Terapkan Cat Plamir

Anda harus menunggu waktu sekitar 1-3 jam supaya cat epoxy primer yang baru saja diaplikasikan dapat mengering dengan sempurna. Durasi waktu pengeringan cat ini dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Setelah lapisan epoxy primer sudah benar-benar kering, lantas Anda bisa menerapkan cat plamir. Fungsi cat ini untuk mempertegas hasil akhirnya nanti. Dengan adanya lapisan cat plamir ini, lapisan epoxy di atasnya akan nampak semakin mengesankan. Namun sebelumnya lantai perlu digosok sekali lagi dengan mesin grinding untuk menghaluskan permukaannya. Untuk mengaplikasikan cat plamir ke permukaan lantai beton, Anda bisa memakai kain atau spons. Terapkan plamir ini dengan lapisan yang tipis saja.

- Saatnya Memakai Epoxy

Setelah lapisan plamir sudah mengering, Anda bisa mulai menerapkan cat epoxy. Ada dua jenis produk epoxy yang tersedia di pasar yaitu epoxy yang perlu ditambahi bahan hardener serta epoxy yang sudah dicampur hardener oleh pabriknya. Sedangkan menurut hasil akhirnya terdapat epoxy dengan tampilan glossy dan doff. Silakan Anda dapat membaca label keterangan produk cat epoxy yang Anda beli. Ikuti instruksi penggunaan bahan epoxy tersebut.


Pengertian Trowel Floor Hardener

1. Pengertian Mesin Trowel

Concrete trowel machine atau concrete power trowel adalah alat atau mesin yang digunakan untuk meratakan dan menghaluskan permukaan beton yang masih dalam proses pengerasan. Penyelesaian akhir permukaan beton dapat dilakukan dengan cara manual atau masinal.Penyelesaian secara manual menggunakan raskam/sendok dan dilakukan dengan tangan, sedangkan secara masinal menggunakan mesin trowel. 

Mesin trowel mempunyai dasar yang terdiri dari beberapa daun pelat baja yang dapat berputar dan menghaluskan permukaan beton. Permukaan yang diselesaikan dengan mesin trowel lebih kuat dan awet dibandingkan dengan pekerjaan tangan. Mesin trowel ini juga digunakan untuk meratakan/ mengamplas/ menghaluskan permukaan lantai andhesit atau batuan keras lainnya.

Trowel Floor Hardener

2. Pengertian Floor Hardener

Sebenarnya apa arti dari pengertian floor hardener? Floor hardener adalah suatu campuran bahan material yang terdiri dari semen serta material lainnya. Bahan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekerasan yang lebih dari permukaan lantai biasa. 

Sebenarnya dari arti floor hardener yang merupakan penguat lantai dalam bahasa Indonesia sudah memperlihatkan apa kegunaan bahan ini. Saat ini floor hardener semakin banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi, khususnya gedung bertingkat. Dengan keberadaan floor hardener, maka struktur permukaan suatu lantai beton sudah pasti memiliki kekuatan lebih. Itu pula yang sangat diperlukan oleh konstruksi gedung tersebut. 

Semen menjadi material atau komponen penting dalam pembuatan Floor Hardener, berikut merupakan fungsi semen putih yang jarang diketahui.

- Fungsi Floor Hardener

Mampu meminimalisir kotoran serta debu pada lantai tersebut sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan pembersihan, Jika harus melakukan pembersihan pun, jauh lebih mudah untuk mengangkat kotoran serta debu di atasnya

Mungkin Anda penasaran mengapa floor hardener bisa menjadi lebih cepat dibersihkan. Alasan utamanya adalah pori-pori lantai dengan floor hardener jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan cor beton biasa. Dengan pori-pori yang lebih kecil inilah akhirnya membuat lantai dengan floor hardener tetap terjaga kebersihannya. Proses pembersihan pun lebih cepat dan gampang pula.

- Jenis-Jenis Floor Hardener

Floor hardener memiliki dua jenis berdasarkan campuran materialnya. Ada floor hardener natural/non metallic (campuran semen + pasir silika atau semen + emery) dan floor hardener metallic (campuran semen + serbuk besi). Untuk lebih jelas mengenai kedua jenis floor hardener, berikut penjelasannya:

1- Floor Hardener Natural/Non Metallic

Floor hardener natural adalah jenis dari floor hardener yang bisa tercipta dari dua macam campuran. Bisa dari semen dan pasir silika atau semen dengan emery. Dengan campuran keduanya, maka permukaan lantai menjadi tahan terhadap goresan serta gesekan.

Komposisi dari pencampuran semen dengan pasir silika/emery adalah 1:2. Jadi 1 semen berbanding dengan 2 pasir silika/emery. Bisa disimpulkan bahwa floor hardener natural menjadi jenis yang paling sering digunakan di Indonesia. Alasan utamanya adalah kemudahan dalam proses pembuatan serta harga yang lebih murah.

Baca juga :

Harga Beton Cor Readymix Termurah

Jual Bondek dan Wiremesh di Bandung

6 jenis dan harga pompa beton readymix

2- Floor Hardener Metallic

Floor hardener metallic adalah jenis floor hardener dengan campuran semen dan serbuk besi. Kelebihan dari floor hardener jenis ini mampu menahan beban lebih berat dibandingkan versi natural. Selain itu juga mampu menahan goresan dan gesekan lebih baik.

Namun ada kelemahan dari floor hardener metallic, yakni material serbuk besi yang terhitung sulit untuk didapatkan, khususnya di Indonesia. Proses pengaplikasiannya juga rumit, mudah berkarat, dan harganya mahal. 

3. Harga Jasa Epoxy Lantai Dan Trowel 

FINISING TROWEL

Luasan/M2

Keterangan

Harga

1

0 – 200 

Borongan

   –

2

200 – 300

Jasa + Alat

Rp. 12.000

3

300 – 500

Jasa + Alat

Rp. 11.000

4

500 – 1000

Jasa + Alat

Rp. 9.000

5

1000 +

Jasa + Alat

Rp. 8.000

 

FLOOR HARDENER NATURAL

Jenis / Keterangan

Merk 

Harga/Satuan

1

Dosis 3Kg/Terpasang

Nk Jaya

Rp. 21.000 / M2

2

Dosis 4Kg/Terpasang

Nk Jaya

Rp. 23.000 / M2

3

Dosis 5Kg/Terpasang

Nk Jaya

Rp. 25.000 / M2

4

Dosis 3Kg/Terpasang

Ultrachem

Rp. 22.000 / M2

5

Dosis 4Kg/Terpasang

Ultrachem

Rp. 24.000 / M2

6

Dosis 5Kg/Terpasang

Ultrachem

Rp. 26.000 / M2

7

Dosis 3Kg/Terpasang

Fosroc

Rp. 23.000 / M2

8

Dosis 4Kg/Terpasang

Fosroc

Rp. 26.000 / M2

9

Dosis 5Kg/Terpasang

Fosroc

Rp. 29.000 / M2

10

Dosis 3Kg/Terpasang

Sika

Rp. 24.000 / M2

11

Dosis 4Kg/Terpasang

Sika

Rp. 27.000 / M2

12

Dosis 5Kg/Terpasang

Sika

Rp. 30.000 / M2

 

FLOOR HARDENER WARNA

Jenis / Keterangan

Merk 

Harga/Satuan

1

Dosis 3Kg/Terpasang

Nk Jaya

Rp. 31.000 / M2

2

Dosis 4Kg/Terpasang

Nk Jaya

Rp. 46.000 / M2

3

Dosis 5Kg/Terpasang

Nk Jaya

Rp. 41.000 / M2

4

Dosis 3Kg/Terpasang

Ultrachem

Rp. 33.000 / M2

5

Dosis 4Kg/Terpasang

Ultrachem

Rp. 38.000 / M2

6

Dosis 5Kg/Terpasang

Ultrachem

Rp. 43.000 / M2

7

Dosis 3Kg/Terpasang

Fosroc

Rp. 42.000 / M2

8

Dosis 4Kg/Terpasang

Fosroc

Rp. 50.000 / M2

9

Dosis 5Kg/Terpasang

Fosroc

Rp. 57.000 / M2

10

Dosis 3Kg/Terpasang

Sika

Rp. 47.000 / M2

11

Dosis 4Kg/Terpasang

Sika

Rp. 57.000 / M2

12

Dosis 5Kg/Terpasang

Sika

Rp. 67.000 / M2

 

EPOXY

 

Jenis / Keterangan

Merk 

Harga / Satuan

1

Tebal 300mc terpasang 

Propan

Rp.   95.000 / M2

2

Tebal 500mc terpasang  

Propan

Rp. 125.000 / M2

3

Tebal 1000mc terpasang 

Propan

Rp. 195.000 / M2

4

Tebal 2000mc terpasang

Propan

Rp.285.000 / M2

 

Post a Comment for "Harga Jasa Screed Efoxy dan Floor Hardener Lantai Beton"