google.com, pub-8964122775970720, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Harga Hebel Bata Ringan Per Kubik Makasar - BERKAH BAJA BETON





Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Hebel Bata Ringan Per Kubik Makasar

Harga Bata Ringan Per Kubik Makasar – Salah satu hal yang terpenting adalah pemilihan material bangunan yang akan berdampak pada untung atau rugi sebuah proyek. Saat ini kemajuan teknologi dalam peakerjaan konstruksi semakin cepat yang menyebabkan pekerjaan lebih ekonomis. Salah satu yang banyak digunakan adalah pekerjaan pemasangan dinding bata ringan. Apa itu bata ringan, apa saja keunggulannya, dan bagaimana cara pemasangannya akan kami jelaskan di bawah ini.

Harga Hebel Bata Ringan Makasar


Material yang digunakan untuk membuat dinding rumah haruslah kuat. Oleh karena itulah kami menyarankan menggunakan hebel dikarenakan daya tahannya yang sangat kuat. Daya tahan hebel jauh berbeda dengan batako, karena sejatinya memiliki daya tahan hampir sama atau bahkan melebihi batu bata.


Definisi Bata Ringan Atau Hebel Makasar

Hebel adalah bata ringan yang menjadi merek dagang karena dinamai berdasarkan produsen pertamanya yaitu Josef Hebel. Bata hebel ini lebih populer disebut dengan bata ringan karena berbagai keunggulan yang dimiliki. Awal mula terciptanya bata hebel adalah dari arsitek ternama di Swedia pada tahun 1920 yaitu Dr. Johan Axel Eriksson yang bekerjasama dengan professor Henrik Kreuger.

Penyebutan bata hebel berawal dari kesalahan pengartian nama bata ringan ini dengan merk dagangnya yaitu Hebel. Sama halnya dengan ketika seseorang ingin membeli pasta gigi di toko, maka kemungkinan besar akan disebutkan merek dagangnya di Indonesia yaitu “pepsodent” dibandingkan harus menyebutkan pasta gigi.

Baca juga : Harga Ready Mix

Bahan Baku Pembuatan Bata Hebel Makasar

Bahan baku utama dari bata ringan atau hebel adalah kombinasi dari semen, silica, gypsum, kapur, pasta alumunium, kimia busa, dan air yang kemudian di proses dalam pabrik modern. Serangkaian bahan berkualitas yang digunakan dan menggunakan sistem alat yang modern menjadikan bata ringan ini sangat berkualitas.


Jenis-Jenis Hebel Makasar

Bagi yang lebih memilih hebel, maka kalian harus mengetahui jenis-jenis bata ringan hebel sebelum membelinya. Ada dua jenis hebel yang bisa kalian pilih, yakni Hebel AAC dan Hebel CLC. Keduanya memiliki karanteristik berbeda yang otomatis mempengaruhi harga jualnya. Nah untuk mengetahui perbedaannya, silahkan simak di bawah ini.

Bata Ringan Hebel AAC

Kualitas bata ringan tergantung dari jenisnya. Pasalnya setiap jenis bata ringan terbuat dari material berbeda. Dimana untuk bata ringan hebel ACC biasanya terbuat dari pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, air. Lalu untuk bahan pengembangnya menggunakan alumunium pasta

Dalam proses pembuatan bata ringan ACC dibutuhkan waktu selama 7-8 jam agar semua adonan bisa mengembang secara sempurna. Kemudian proses pengiringannya dimasukan ke dalam autoclave chamber bertekanan tinggi hingga 183 derajat celcius.

Baca juga : Concrete pump 

Proses inti dalam pembuatan bata ringan AAC adalah terjadinya reaksi kimia yang dihasilkan oleh alumunium pasta yang bereaksi dengan kalsium hidroksida yang terkandung di dalam pasir kwarsa dan air sehingga membentuk hidrogen. Gas hidrogen tersebut akan membentung gelembung-gelembung udara.

Salah satu alasan kenapa hebel disebut sebgai bata ringan adalah karena memiliki ronga-ronga udara yang membuatnya menjadi ringan. Proses pembuatannya memang cukup rumit, namun proses tersebut menjadikan hebel lebih ringan dibandingkan bata biasa.

Bata Ringan Hebel CLC

Berbeda dengan bata ringan AAC, pembuatan bata ringan CLC tidak membutuhkan reaksi kimia karena hanya membutuhkan busa organik sebagai media untuk membungkus udara. Secara teori memang cukup memusingkan, namun yang pasti bata ringan AAC terbuat dari pasir, semen, air dan foam atau busa.

Proses pembuatan bata ringan CLC jauh lebih mudah dibandingkan bata ringan AAC. Soal kualitas juga tak kalah bagus. Bahkan bata ringan ini lebih mudah diaplikasikan sebagai dinding rumah, karena dapat kita potong ataupun digergaji. Selain itu, bata ringan CLC memiliki penyerapan air jauh lebih sedikit sehingga air tidak mudah merembes.

Baca juga : Harga beton precast

Setiap jenis bata ringan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita tinggal memilihnya sesuai kebutuhan serta budget dalam membangun rumah. Biasanya harga hebel CLC juga lebih murah sehingga banyak orang yang lebih memilih bata ringan jenis ini. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harganya, silahkan simak informasi daftar harga bata ringan hebel berikut.


Walaupun menggunakan bahan yang terbilang cukup mudah namun proses produksinya menggunakan bahan modern. Biasanya hebel dikaitkan dengan bata ringan, namun berbeda halnya dengan bata hebel satu ini, yakni bobotnya cukup berat. Diproduksi dengan peralatan modern sehingga kualitas bata yang dihasilkan sangat baik, dan jenis bata hebel ini bisa dipasang dengan menggunakan semen biasa. 


Kelebihan Hebel Makasar

Kelebihan hebel yang pertama adalah memiliki bobot lebih ringan dibandingkan batu bata merah apabila dihitung dengan dimensi pemasangan yang sama

Hebel memiliki ukuran yang lebih presisi sehingga membuat dinding lebih rapi

Memiliki daya tahan sangat baik sehingga bisa meminimalisir rumah ambruk saat terjadi gempa

Tahan terhadap api

Kedap air sehingga mencegah terjadinya rembesan air pada dinding

Memiliki dimensi lebih besar dibanding bata merah sehingga proses pemasangannya lebih cepat dan lebih mudah

Memiliki tingkat kekedapan lebih baik sehingga rumah yang menggunakan hebel terasa lebih nyaman

Tidak membuat rumah menjadi panas

Bata ringan atau lebih lebih mudah diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan karena mudah dipotong dan dibor

Tidak membutuhkan campuran semen dan pasir, karena cukup menggunakan semen khusus hebel yang tersedia dipasaran.

Hanya membutuhkan sedikit semen untuk menempel setiap sisi hebel sehingga bisa pemasangan dapat diminimalisir

Setelah mengetahui semua kelebih di atas, maka tak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan hebel sebagai alternatif bata merah. Namun sebenarnya batu bata jenis ini memiliki beberapa kekurangan yang wajib kalian ketahui sebelum mengaplikasikannya sebagai dinding rumah atapun kebutuhan lainnya.

Baca Juga : Dak cor Beton

Harga Hebel Per Kubik Makasar

Sebagai gambaran, kami akan memberikan penawan harga pasaran hebel.

Tipe Ukuran Kusen Harga

Herbel Broco Grade A+ AAC 60 x 20 x 7.5 cm Rp 560.000

Herbel Broco Grade A+ AAC 60 x 20 x 10 cm Rp 560.000

Hebel NSR CLC 7.5 (1 Kubik) 60 x 20 x 7.5 cm Rp 580.000

Hebel NSR CLC 10 (1 Kubik) 60 x 20 x 10 cm Rp 580.000

Hebel Elephant Block AAC (1 Kubik) 60 x 20 x 10 cm  Rp 775.000

Hebel Alfa 7.5 (1 Kubik) 60 x 20 x 7.5 cm Rp 600.000

Hebel Saka 7.5 (1 Kubik) 60 x 20 x 7.5 cm Rp 600.000

Herbel Grade A ACC (1 Kubik) 60 x 20 x 10 cm Rp 480.000

Herbel Grade A ACC (1 Kubik) 60 x 20 x 7.5 cm Rp 480.000


Hebel yang beredar dipasaran rata-rata tersedia dalam dua ukuran, yakni 60 x 20 x 10 cm dan 60 x 20 x 7.5 cm. Harga per kubiknya sama saja. Namun apabila membeli ketebalan 7.5 cm maka akan mendapatkan 111 pcs. Sedangkan untuk ketebalan 10 cm akan mendapatkan 83 pcs.

Biasanya harga hebel di luar Jawa akan lebih mahal dengan harga di atas 700 Ribu Rupiah. Untuk memastikannya lebih baik kalian datang langsung ke toko bangunan terdekat. Jangan lupa untuk melihat secara langsung kualitas hebel yang dibeli. Pastikan hebelnya kuat dan kokoh.

Demikianlah informasi mengenai  Hebel di Kota Makasar. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang bingung memilih antara bata merah, batako, atau herbel sebagai dinding rumah.